Pendidikan

B. Program Moving Class   

1. Arti Moving Class

Moving class terdiri dari dua arti kata, moving berarti pindah dan kata class berarti kelas sebagai tempat sarana pembelajaran dalam di inggris-indonesiakan.Jadi moving class adalah pergerakan dari satu kelas ke kelas yang lain sesuai dengan pelajarannya (Purwanto, http://purwanto65.wordpress.com/ di askes pada:20 november 2009).

Sistem moving class adalah salah satu sistem pembelajaran yang dimana setiap guru mata pelajaran sudah siap mengajar di ruang kelas yang telah ditentukan sesuai dengan mata pelajaran yang ditempunya. Sehingga saat pergantian pelajaran, bukannya guru yang datang ke kelas siswa, namun siswa datang ke kelas guru (Rizan di/pada Februari 22, 2008).

Dalam moving class dapat diartikan bahwa moving class mempunyai ciri khas tersendiri bagaimana siswa diharuskan berpindah-pindah sesuai jadwal ditentukan ke kelas lainnya agar siswa tidak jenuh hanya menempati satu ruangan.Diharapakn juga siswa mendapatkan kesegaran kembali saat mendapat pelajaran selanjutnya kerena keaktifan dan kemandirian siswa yang dituntut,siswa selalu bergerak termotifasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.

2. Tujuan Moving Class

Menurut Anim Hadi (http://animhadi.wordpress.com/page/3/ diakses pada:20 November 2009) mempunyai tujuan yang tebagi terdiridari enam bagian yaitu sebagai berikut:

a.       Meningkatkan kualitas proses pembelajaran:

1.      Proses pembelajaran melalui Moving Class akan lebih bermakna karena setiap ruang/laboratorium mata pelajaran dilengkapi dengan perangkat-perangkat pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. Jadi setiap siswa yang akan masuk suatu ruang/laboratorium mata pelajaran sudah dikondisikan pemikirannya pada mata pelajaran tersebut.

2.      Guru mata pelajaran dapat mengkondisikan ruang/laboratoriumnya sesuai dengan kebutuhan setiap pertemuan tanpa harus terganggu oleh mata pelajaran lain.

b.      Meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu pembelajaran guru mata pelajaran tetap berada di ruang/laboratorium mata pelajarannya, sehingga waktu guru mengajar tidak terganggu dengan hal-hal lain.

c.       Meningkatkan Disiplin Siswa dan Guru

1.      Guru akan dituntut datang tepat waktu, karena kunci setiap ruang/laboratorium dipegang oleh masing-masing guru mata pelajaran.

2.      Siswa ditekankan oleh setiap guru mata pelajaran untuk masuk tepat waktu pada pada saat pelajarannya.

d.      Meningkatkan keterampilan guru dalam memvariasikan metode dan media pembelajaran yang diaplikasikan dalam  kehidupan siswa sehari-hari.

e.       Meningkatkan keberanian siswa untuk bertanya, menjawab, mengemukakan pendapat dan bersikap terbuka pada setiap mata pelajaran.

f.       Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Untuk mencapai hasil yang optimal dalam pembelajaran yang dilakukan secara moving class maka perlu ditetapkan strategi pelaksanaannya. Pengorganisasian Pelaksana, tugas, kewajiban dan wewenang.

Menurut Purwanto(http://purwanto65.wordpress.com/ di akses pada:23 November 2009) Tujuan alasan moving class adalah:

a.       Mendekatkan siswa dengan kelas mata pelajaran.

b.      Karakteristik mata pelajaran yang berbeda-beda

c.       Keleluasaan desain kelas

d.      Mengurangi kejenuhan

e.       Hubungan yang lebih harmonis antara guru dengan muridf

f.       Kemajuan belajar siswa lebih mudah terpantau

g.      Mengurangi konflik antarmurid “Guru dengan relative lebih mudah dapat mencegah timbulnya banyak tingkah laku murid yang tidak akseptabel dengan memodifikasi suasana lingkungan kelas.” (Thomas Gordon, Teacher Effectivenes Training. Halaman 149

Menurut Irawan Suwanto(http://buzzup.com/docs/others/penerapan-moving-class/ di akses pada:23 November)

a.       Memudahkan guru mata pelajaran dalam mengkondisikan ruang/laboratoriumnya sesuai dengan kebutuhan setiap pertemuan tanpa harus terganggu oleh mata pelajaran lain.

b.      Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Waktu Pembelajaran karena guru mata pelajaran tetap berada di ruang/laboratorium mata pelajarannya, sehingga waktu guru mengajar tidak terganggu dengan hal-hal lain.

c.       Meningkatkan kualitas proses pembelajaran kerana setiap ruang atau laboratium mata pelajaran dilengkapi dengan perangkat-perangkat pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.Jadi setiap siswa yang akan masuk ruangan atau laboratium sudah dikondisikan pemikirannya pada mata pelajaran tersebut.

d.      Memudahkan siswa melakukan kegiatan eksplorasi

e.       Meningkatkan ketrampilan guru dalam mevariasikan metode dan mediapembelajaran.

3. Peran Moving Class

Peran moving class tersebut bergerak secara aktif pada siswa dalam bergantian pembelajaran meninggalkan kelas kemudian menuju kelas lainnya untuk mengikuti proses pembelajaran, merujuk keaktifan pada undang-undang system pendidikan (Pasal 1 UU RI No. 20 th. 2003) dinyatakann bahwa

Penndidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, penghendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya,masyarakat bangsa dan negara.

by: Panggih E.C Luki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: